Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Frank Terjang Inggris, Aliran Listrik ke 2.500 Rumah Terputus

Kompas.com - 30/12/2015, 14:34 WIB

Ratusan rumah tanpa listrik setelah Badai Frank yang membawa hujan lebat dan angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Inggris.

Badai Frank menerpa Irlandia Utara pada Selasa (29/12/2015) malam waktu setempat. Badai mengakibatkan listrik mati di 2.500 rumah.

Badai diperkirakan melanda wilayah barat laut Inggris dan sejumlah daerah di Skotlandia pada Rabu (30/12/2015) dini hari waktu setempat.

Empat peringatan banjir parah, yang menyatakan bahaya bagi nyawa manusia, diberlakukan di Inggris dan Wales bersama 46 peringatan banjir yang memerlukan tindakan segera.

Seorang juru bicara cuaca BBC mengatakan, angin ribut diperkirakan timbul di Laut Irlandia dalam semalam. Hujan lebat turun di sebelah barat laut Inggris, serta selatan, dan tengah Skotlandia dan Wales.

Berdasarkan prakiraan cuaca, hembusan angin bisa mencapai kecepatan 80 km per jam di wilayah utara pada dini hari; serta ada kemungkinan terjadi hujan dengan curah hujan 100 mm.

Sementara itu di Irlandia Utara, Bandara Internasional Belfast untuk sementara melarang pendaratan sembilan pesawat terbang pada Selasa malam karena angin kencang.

Badan Meteorologi Inggris mengeluarkan peringatan cuaca amber - berarti siaga - dan peringatan cuaca kuning - yang berarti hati-hati - untuk hujan di sejumlah wilayah barat laut Inggris dan Irlandia Utara pada Rabu (30/12/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com