Kompas.com - 16/10/2017, 15:20 WIB
|
EditorErvan Hardoko

MADRID, KOMPAS.com - Ultimatum yang diberikan Pemerintah Spanyol kepada Catalonia nampaknya mulai membuahkan hasil.

Buktinya, Pemimpin Catalonia Carles Puigdemont menyatakan telah menangguhkan segala tindakan yang akan dilakukan Catalonia untuk memisahkan diri dari Spanyol.

Tidak hanya itu, pemimpin berusia 54 tahun tersebut juga meminta pertemuan secepatnya dengan Madrid.

Kabar itu mencuat setelah kantor berita AFP melaporkan Puigdemont tengah menulis surat kepada Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, Senin (16/10/2017).

Baca: Spanyol Jatuhkan Ultimatum kepada Catalonia

Dalam surat tersebut, Puigdemont menulis pihaknya meminta pertemuan digelar dengan Madrid guna membahas sekaligus mengklarifikasi situasi di Catalonia.

Demi mencapai pertemuan tersebut, Puigdemont menangguhkan segala bentuk tindakan deklarasi agar "mendapatkan solusi, bukan konfrontasi."

"Kami berharap, kami bisa duduk semeja dengan Anda (Rajoy) dalam sebuah dialog sepanjang dua bulan ke depan," demikian penggalan isi surat yang ditulis Puigdemont.

Puigdemont berharap pertemuan yang bisa dilaksanakan sebelum tenggat waktu dari Madrid (19/10/2017) habis dan bisa mencapai kesepakatan positif.

"Dengan memahami masalah, dan menghadapinya dengan kepala dingin, aku yakin kami bisa memperoleh jawaban," kata Puigdemont dalam suratnya.

Sebelumnya, Madrid memberikan ultimatum agar Catalonia membatalkan deklarasi kemerdekaannya paling lambat Kamis (19/10/2017).

Jika tidak, maka Madrid bakal memberlakukan Pasal 155 Undang-Undang Dasar, yang mempertegas kembali pemerintahan langsung terhadap Catalonia.

Baca: Deklarasi Kemerdekaan Catalonia Diteken, Raja Gelar Rapat Darurat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.