Kompas.com - 30/08/2017, 22:57 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un mengancam akan meluncurkan lebih banyak peluru kendali di atas wilayah Jepang.

Ancaman itu merupakan tanggapan Kim Jong Un atas kecaman yang disuarakan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Amerika Serikat.

Rudal jarak menengah Hwasong-12 yang dilepaskan Pyongyang Selasa kemarin merupakan bagian dari eskalasi ketegangan terkait program senjata yang dikembangkan Korut.

Beberapa pekan sebelumnya, Korut mengancam akan melepaskan peluru kendali ke wilayah Guam, di mana pangkalan militer AS berada. 

Baca: Kim Jong Un dan Para Jenderal Bahas Rencana Penembakan Rudal ke Guam

Ancaman itu muncul, setelah Presiden Donald Trump mengatakan, Korut akan dilanda api dan kemarahan yang belum pernah terjadi sebelumnya di muka bumi, jika melanjutkan program senjata nuklirnya. 

Terakhir, Trump menegaskan, perundingan dengan Korut bukanlah solusi untuk menyelesaikan persoalan ini.

"AS telah berbicara dengan Korea Utara, dan membayar uang pemerasan tersebut, selama 25 tahun. Berbicara bukan jawabannya!"

Demikian pernyataan Trump yang diunggah melalui akun Twitter-nya, seperti diberitakan AFP.

Sementara, Dewan Keamanan PBB -yang telah memberlakukan tujuh set sanksi terhadap Pyongyang, mengatakan tindakan Korut telah melampaui batas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.