Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbongkar, Sel Teroris Barcelona Beranggotakan 12 Orang

Kompas.com - 20/08/2017, 20:13 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Sel para jihadis di balik serangan di Barcelona yang menyebabkan 13 orang tewas pada hari Kamis (17/8/2017) telah sepenuhnya dibongkar, kata pemerintah Spanyol.

Kesimpulan ini dicapai setelah para petugas "memeriksa orang-orang yang tewas, yang ditangkap dan setelah melakukan pemeriksaan identitas," kata Menteri Dalam Negeri Juan Ignacio Zoido.

Namun pemerintah regional Catalonia mengatakan bahwa masih mungkin terjadi penangkapan lebih lanjut, karena tersangka utama masih dicari.

Misa khusus untuk para korban digelar Minggu (20/8/2017) siang di Katedral Sagrada Familia yang terkenal di Barcelona, dan akan dihadiri oleh Raja Felipe dan Ratu Letizia.

Dalam serangan hari Kamis (17/8/2017) di ibukota atalan itu sebuah van melaju dengan kecepatan tinggi di sepanjang Las Ramblas yang ditabrakan kepada puluhan pejalan kaki di kawasan wisata populer itu.

Baca: Mobil Van Tabrak Kerumunan Orang di Barcelona, 13 Orang Tewas

Polisi Spanyol sedang mencari Younes Abouyaaqoub, pemuda 22 tahun kelahiran Maroko yang dicurigai adalah supir yang berhasil lolos dari lokasi kejadian setelah mobilnya terbalik.

Siapakah para tersangka itu?

Kelompok yang menyebut diri Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) mengaku sebagai pelaku serangan Las Ramblas, meskipun tidak jelas apakah berupa keterhubungan langsung melalui instruksi atau perancangan ISIS, atau prakarsa yang diilhami ISIS lewat internet.

-  Tewas: Lima tersangka jihadis ditembak mati oleh polisi di Cambrils, yakni Moussa Oukabir (17),  Kata Aallaa (18), Mohamed Hycham (24), dan dua pria lain tidak disebutkan namanya.

-  Ditangkap: Tiga di kota Ripoll, yakni Driss Oukabir (28) yang adalah kakak Moussa, yang menyerahkan diri untuk mengatakan bahwa dokumennya dicuri untuk menyewa kendaraan yang digunakan dalam serangan Las Ramblas; Sahal el-Karib (34), dan Mohammed Aalla (27), serta aatu orang yang tidak disebutkan namanya di Alcanar, menyusul ledakan di sebuah rumah di sana pada Rabu.

-  Diburu: Younes Abouyaaqoub, dicurigai merupakan pengemudi yang melakukan penabrakkan dalam serangan Las Ramblas, Barcelona.

Hanya beberapa jam setelah serangan itu, pada Jumat dini hari terjadi serangan kendaraan kedua di Cambrils, sebelah barat Barcelona.

Mohamed Hychami dan Younes Abouyaaqoub
AFP Mohamed Hychami dan Younes Abouyaaqoub
Seorang perempuan tewas dan polisi menembak mati lima tersangka penyerang, termasuk Moussa Oukabir, 17, yang semula dilaporkan sebagai tersangka utama dalam serangan Barcelona.

Oukabir dicurigai menggunakan dokumen kakaknya untuk menyewa kendaraan yang digunakan di Barcelona, lalu ditemukan lagi sebuah kendaraan beberapa jam kemudian di kota Vic, utara Barcelona, yang diduga disiapkan sebagai kendaraan pelarian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com