Kompas.com - 19/08/2017, 15:28 WIB
EditorLaksono Hari Wiwoho

KOMPAS.com - Seekor badak bercula satu tersapu banjir di Nepal hingga hanyut ke India. Kini hewan tersebut telah diselamatkan dan dipulangkan ke habitatnya di Nepal.

Badak betina muda itu ditemukan di Desa Bagah, India, sekitar 42 kilometer dari Taman Nasional Chitwan Nepal.

Empat badak lain dari taman nasional itu perlu diselamatkan. Adapun seekor lainnya ditemukan tewas setelah banjir besar di wilayah tersebut.

Hujan telah menyebabkan kerusakan di sejumlah wilayah Nepal, Bangladesh, dan bagian dari India dalam beberapa pekan terakhir.

Lembah Chitwan di Nepal, yang merupakan kediaman bagi 600 bada, mengalami dampak buruk akibat banjir.

Pekan lalu, belasan gajah dan rakit dikirimkan untuk menyelamatkan 500 orang yang terjebak di area tersebut.

(Baca Hampir 70 Orang Tewas dan Puluhan Orang Hilang di Nepal dan India)

Sebuah tim yang terdiri dari 40 petugas dari Nepal dikirimkan untuk membawa badak berusia 2,5 tahun dari India untuk dikembalikan ke rumahnya.

"Kami dapat membawa bayi badak kembali dengan dukungan pejabat kehutanan India. Ratusan orang India datang untuk menyaksikan penyelamatan itu," kata Wakil penjaga Nurendra Aryal kepada BBC Nepal.

Badak tersebut ditemukan di ladang tebu di sebuah desa di India. Badak itu diberi obat bius dengan menggunakan anak panah dan dibawa ke sebuah truk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.