Kompas.com - 03/08/2017, 08:47 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SANTIAGO, KOMPAS.com - Kongres Cile, Rabu (2/8/2017) sepakat mengurangi larangan ketat aborsi yang berlaku sejak hari-hari terakhir kediktatoran Augusto Pinochet, sejak hampir tiga dekade yang lalu.

Seperti diberitakan AFP, keputusan ini diambil dengan perolehan suara 22:13 di Kongres.

Dengan demikian, aborsi menjadi hal yang mungkin dilakukan, misalnya dalam kasus pemerkosaan, atau saat kehidupan sang ibu dinilai berisiko. 

Selain itu, aborsi pun dapat dilakukan jika ada potensi janin lahir dalam keadaan cacat yang mematikan.

Hasil pemungutan suara di kongres ini tinggal menunggu putusan dari Mahkamah Konstitusi menyusul adanya tuntutan dari kubu oposisi. 

Di negara yang sangat konservatif ini, ukuran tersebut menjadi prioritas bagi Presiden Michelle Bachelet, Presiden pertama perempuan di Cile, yang juga seorang dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.