Kompas.com - 26/06/2017, 08:16 WIB
EditorPascal S Bin Saju

GUATAPE, KOMPAS.com – Korban tewas akibat kapal wisata tenggelam di sebuah waduk di Guatape, Kolombia barat daya, telah meningkat menjadi sedikitnya sembilan orang. Kapal tenggelam pada Minggu (25/6/2017).

Hingga Minggu malam waktu setempat atau Senin (26/6/2017) pagi WIB, pihak berwenang belum juga berbicara tentang apa penyebab kapal Almirante, kapal yang memiliki empat dek itu, tenggelam.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi sebagai penyebab, yakni kelebihan muatan, kelalaian petugas, atau gangguan teknis.

Namun, pejabat di Guatape belum berbicara apa-apa kepada publik untuk menjelaskan penyebab kapal tengelam.

Baca: Tiga Orang Tewas dan 30 Orang Hilang akibat Kapal Tenggelam

"Sampai saat ini kami secara resmi menyampaikan bawa sembilan orang telah ditemukan tewas,” dan “sekitar 28 orang hilang,” kata Margarita Moncada, perempuan kepala departemen pencegahan bencana pemerintah daerah di Antioquia, wilayah yang membawahi kota Gautape.

Dia mengatakan, kapal itu membawa 170 orang, dan sebagian besar di antaranya dapat diselamatkan oleh perahu atau sampan petugas dan yang lain menyelamatkan dirinya sendiri.

"Kapal itu tenggelam dengan sangat cepat. Semuanya berlangsung dalam hitungan menit,” katanya ketua regu pemadam kebakaran sermpat, Luis Bernardo Morales.

Satu helikopter dari angkatan udara dan dua dari angkatan darat telah dikerahkan untuk operasi penyelamatan para korban, demikian militer Kolombia.

Baca: Kapal Tenggelam, 7 Penumpang Selamat Terbawa Ombak ke Pantai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.