Kompas.com - 09/06/2017, 20:33 WIB
EditorErvan Hardoko

BARCELONA, KOMPAS.com - Pemimpin wilayah Catalonia, Jumat (9/6/2017), mengumumkan referendum kemerdekaan dari Spanyol akan digelar pada 1 Oktober mendatang.

"Dalam referendum itu rakyat akan mendapat pertanyaan apakah Anda ingin Catalonia menjadi negara merdeka berbentuk republik," kata Carles Puidgemont, di Barcelona.

Baca: Wilayah Otonom Kurdi Irak Akan Gelar Referendum Kemerdekaan

Jika mayoritas rakyat memilih "Ya" maka wilayah yang terletak di sisi timur laut Spanyol itu maka proses melepaskan diri dari Spanyol akan dimulai secepat mungkin.

Namun, pemerintah Madrid menentang keras referendum yang oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol sudah dinyatakan ilegal.

Selain itu, otorita Catalonia akan menghadapi masalah untuk menggelar referendum karena akan memaksa rakyatnya melanggar hukum.

Apalagi untuk menggelar referendum otorita Catalonia membutuhkan bantuan para pegawai negeri.

Catalonia, daerah kaya berpenduduk 7,5 juta dengan budaya dan bahasa berbeda telah lama menuntut otonomi yang lebih luas.

Selama bertahun-tahun para politisi Catalonia berupaya mendapatkan persetujuan pemerintah Spanyol untuk menggelar referendum seperti yang dilakukan Skotlandia pada 2014.

Pada 2014, warga Catalonia menggelar pemungutan suara tak mengikat di bawah pemimpinnya kala itu Artur Mas. Sebanyak 80 persen dari 2,3 pemilih mendukung kemerdekaan wilayah tersebut.

Baca: Spanyol Blokir Rencana Referendum Rakyat Catalonia

Namun, meski hasil referendum itu tak mengikat, Mas melanggar keputusan Mahkamah Konstitusi yang menetapkan referendum Catalonia adalah ilegal.

Alhasil, Mas diajukan ke pengadilan dan dijatuhi hukuman tak boleh menduduki jabatan publik selama dua tahun.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.