Kompas.com - 08/06/2017, 11:37 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com - Situasi politik di Timur Tengah kemungkinan besar akan semakin panas jika wilayah otonomi Kurdi di Irak jadi menggelar referendum kemerdekaan pada 25 September mendatang.

Seorang pejabat Kurdi, Rabu (7/6/2017) mengatakan, pemerintah daerah otonomi Kurdi sudah memastikan referendum kemerdekaan tetap digelar meski akan ditentang Baghdad.

Waktu digelarnya referendum ditentukan dalam pertemuan partai-partai politik Kurdi dengan Presiden Masoud Barzani, pemimpin pemerintah regional Kurdistan (KRG).

"Berita besar. Referendum kemerdekaan Kurdistan digelar 25/9/2017," kata asisten Massoud Barzani, Hemin Hawrami.

Baca: AS Tolak Referendum Kemerdekaan Kurdi Irak

Referendum akan digelar sebagai sebuah tawaran terbaik sebuah pemerintahan terpisah dari Irak setelah ISIS dikalahkan.

Seorang politisi senior Kurdi, Hushiyar Zebari, kepada kantor berita Reuters pernah mengatakan, referendum akan digelar tahun ini.

Etnis Kurdi memainkan perannan besar dalam kampanye militer dukungan Amerika Serikat untuk mengalahkan ISIS yang merebut sepertiga wilayah Irak hampir tiga tahun lalu.

ISIS kini terjepit di wilayah yang sempit di sisi barat kota Mosul yang mereka daulat sebagai ibu kota Kekalifahan Islam.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.