Kompas.com - 30/05/2017, 08:54 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SYDNEY, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin jauh lebih berbahaya dan menjadi ancaman yang lebih besar bagi keamanan dunia, dibandingkan dengan kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) sekalipun. 

Pandangan itu diutarakan Senator Amerika Serikat dari Partai Republik John McCain.

McCain yang selama ini dikenal sebagai salah satu kritikus Presiden AS Donald Trump, merupakan sosok yang kerap berbicara lugas. 

Dia menyebut, campur tangan Rusia dalam pemilihan umum di AS merupakan bahaya bagi demokrasi.

"Saya pikir dia (Putin) adalah ancaman utama dan paling penting, lebih dari sekadar ISIS," kata McCain, selaku Ketua Komite Angkatan Bersenjata di Senat, dalam wawancara dengan Australian Broadcasting Corporation, Senin malam (29/5/2017).

"Saya pikir ISIS bisa melakukan hal-hal yang mengerikan, tapi orang-orang Rusia mencoba menghancurkan demokrasi yang sangat fundamental, dan itu adalah untuk mengubah hasil pemilihan umum di AS."

"Saya tidak melihat bukti bahwa mereka berhasil, tapi mereka mencoba dan mereka masih berusaha. Mereka hanya mencoba mempengaruhi hasil pemilihan Perancis," cetus dia lagi.

"Jadi saya melihat Vladimir Putin, yang telah memotong-motong Ukraina, sebuah negara berdaulat, yang memberi tekanan pada Baltik, saya memandang Rusia sebagai tantangan terbesar yang kita miliki."

Komentar McCain datang bersama dengan kasus yang membelit tim Trump mengenai hubungannya dengan Moskwa.

Menurut badan intelijen AS, Rusia mencoba mempengaruhi pemilihan November lalu atas permintaan Donald Trump.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.