Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Iran: AS Mungkin Telah Memeras Arab Saudi

Kompas.com - 22/05/2017, 14:36 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif bercericit di akun Twitter-nya bahwa Amerika Serikat (AS) mungkin telah "memeras" Arab Saudi sebesar 480 miliar dollar atau setara Rp 6.386 triliun.

Zarif bercericit pada Minggu (21/5/2017). Ia  menyampaikan hal itu setelah Washington menandatangani serangkaian perjanjian bisnis besar dengan Riyadh, musuh bebuyutan Teheran di kawasan rival Teluk Arab, seperti dilaporkan Agence France-Presse, Senin ini.

Baca: AS dan Arab Saudi Teken Kesepakatan Bisnis Rp 2.660 Triliun

"Iran – yang baru saja selesai menggelar pemilihan presidennya – diserang oleh @POTUS, akun Twitter Presiden Donald Trump, di benteng demokrasi dan moderasi. Hal itu sebagai kebijakan luar negeri atau pemerasan 480 miliar dollar AS terhadap Kerajaan Arab Saudi?" kicau Zarif.

Kicauan Zarif itu merupakan reaksi pertama dari pejabat Iran mengenai kunjungan Trump ke Arab Saudi. 

Tudingan Zarif juga disampaikan tak lama setelah Hassan Rouhani kembali terpilih sebagai presiden Iran untuk masa jabatan kedua.

Baca: Trump ke Saudi untuk Rajut Lagi Hubungan dengan Dunia Islam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com