Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moon Jae-in, "Makin Dekat" ke Kursi Presiden Korsel

Kompas.com - 30/04/2017, 15:12 WIB

SEOUL, KOMPAS.com -Calon Presiden Korea Selatan dari Partai Demokrat Moon Jae-in memperkokoh statusnya sebagai tokoh favorit untuk menjadi presiden baru Negeri Ginseng.

Hasil survei terakhir yang dirilis Realmeter, Minggu (30/4/2017) menunjukkan, capres berhaluan liberal itu semakin jauh mengungguli pesaing terkuatnya Ahn Cheol-soo.

Moon unggul hampir 20 poin dengan raihan 42,6 persen berbanding 20,9 persen yang diraih Ahn.

Moon dan Ahn yang merupakan mantan rekan separtai, dan juga sahabat dekat yang sebelumnya sempat bersaing ketat di awal peluncuran kampanye dua pekan lalu.

Baca: Ajang Pilpres Korsel, Pertarungan Dua Tokoh yang Pernah Bersahabat

Namun, laman Korea Herald memberitakan, sejumlah blunder Ahn termasuk penampilannya yang buruk di debat capres membuat elektabilitasnya anjlok.

Alih-alih mengejar Moon, taipan software komputer itu malahan semakin didekati oleh capres dari Partai Kebebasan Korea yang berhaluan konservatif, Hong Joon-pyo yang meraih 16,7 persen.

Ahn sebelumnya diramal akan mampu meraih dukungan dari pemilih konservatif yang terpecah-belah.

Namun, kelihatannya kubu konservatif mulai memantapkan pilihannya ke Hong yang juga Gubernur  provinsi Gyeongsang Selatan.

Pilpres Korea akan dilaksanakan pada 9 Mei. Adapun pilpres digelar lebih dini dari jadwal setelah pemakzulan mantan Presiden Park Geun-hye karena skandal korupsi di pemerintahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com