Kompas.com - 12/04/2017, 14:21 WIB
EditorErvan Hardoko

TAIPEI, KOMPAS.comTaiwan kini melarang warganya mengonsumsi daging anjing dan kucing. Demikian disampaikan seorang anggota parlemen, Rabu (12/4/2017).

Parlemen baru saja mengesahkan undang-undang baru yang mengkriminalkan mereka yang mengonsumsi daging kedua hewan itu.

Berdasarkan undang-undang tersebut mengatur sanksi denda sebesar 250.000 dolar Taiwan atau sekitar Rp 108 juta bagi siapa saja yang membeli atau menyimpan daging anjing dan kucing.

Undang-undang itu juga mengancam pelaku penyiksaan atau pembunuhan hewan dengan hukuman maksimal dua tahun penjara dan denda sebesar 2 juta dolar Taiwan Rp 868 juta.

"Hal ini menunjukkan bahwa Taiwan adalah negara yang memerhatikan kesejahteraan hewan," kata Wang Yu-min anggota parlemen yang mengusulkan undang-undang ini.

Sebelumnya, mengonsumsi daging anjing merupakan hal biasa di Taiwan meski saat ini sudah jarang warga negeri itu yang menyantap daging hewan sahabat manusia tersebut.

Meski demikian masih terus bermunculan laporan secara sporadis sejumlah rumah makan yang menyajikan daging anjing.

Seringnya media memberitakan kabar penyiksaan hewan memicu keprihatinan publik dan menuntut pemerintah menerbitkan undang-undang yang lebih kuat.

Tahun lalu, militer Taiwan dipaksa meminta maaf secara publik setelah video yang menampilkan tiga orang tentara menyiksa dan membunuh seekor anjing jalanan dengan menggunakan kawat berduri, tersebar.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.