Kompas.com - 14/09/2016, 12:37 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Setidaknya 116 negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, masih mengizinkan anak-anak di bawah usia 18 tahun untuk menikah. Demikian hasil laporan terbaru Pew Research Center.

Menurut penelitian Pew Research Center, sebanyak 153 negara di dunia sudah menetapkan usia 18 tahun adalah usia minimal untuk menikah.

Namun, banyak negara yang belum menerapkan usia minimum pernikahan ini, misalnya Irak, Jamaika, dan Uruguay, yang mengizinkan anak-anak menikah tanpa persetujuan orangtua.

Di Amerika Serikat, salah satu wilayah yang tidak menerapkan usia minimum untuk menikah adalah negara bagian Virginia.

Berdasarkan data Departemen Kesehatan Virginia, sebanyak 4.500 anak-anak menikah antara 2004-2013. Sebagian besar adalah anak-anak perempuan yang menikahi pria dewasa.

Pada Juli lalu, negara bagian Virginia mengganti undang-undang yang mengizinkan anak perempuan berusia 13 tahun menikah jika dipastikan telah mengandung dan mendapat izin orangtua.

Undang-undang ini mengecewakan Senator Jill Vogel yang mendorong undang-undang untuk melarang pernikahan di bawah usia 18 tahun.

"Ini adalah hal yang tak bisa dipercaya dalam pembentukan sebuah undang-undang yang membuat pernikahan menjadi cara untuk menghindari tuntutan hukum," ujar Vogel.

Beberapa negara bagian lain, seperti Florida dan New Mexico, juga tak memberikan batasan usia pernikahan minimum, terutuama jika pihak perempuan sudah mengandung.

Semua negara bagian di AS itu diketahui membiarkan anak-anak berusia di bawah 18 tahun untuk menikah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.