Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Turki Kembali Menyerang Posisi Milisi Kurdi

Kompas.com - 18/05/2016, 14:27 WIB

DIYARBAKIR, KOMPAS.com — Jet-jet tempur Turki menghantam posisi para pejuang Partai Pekerja Kurdi di bagian selatan negara itu dan Irak utara.

Sumber di kalangan keamanan di Ankara, Rabu (18/5/2016), mengatakan, sedikitnya 10 pejuang Kurdi tewas dalam serangan itu.

Belum ada laporan teperinci mengenai dampak serangan terbaru terhadap pejuang Kurdi itu.

Militer Turki telah meningkatkan secara rutin serangan udara ke posisi-posisi para pejuang Kurdi di daerah pegunungan Irak utara dan juga Turki bagian selatan.

Kamp kelompok Partai Pekerja Kurdi (PKK) kembali menjadi target setelah rencana gencatan senjata di antara kedua belah pihak gagal dilakukan pada tahun 2015.

Di medan tempur, para pejuang PKK sebenarnya sedang berperang melawan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah yang berusaha keras masuk ke wilayah Turki.

Namun, PKK juga berperang melawan Pemerintah Turki sehingga Ankara menetapkan kelompok itu sebagai pemberontak dan juga dicap sebagai teroris.

Kelompok Kurdi telah menjadi perdebatan antara Washington dan Ankara. Washington ketika berperang melawan ISIS juga mendukung pejuang Kurdi yang memerangi ISIS.

Pada awal Maret lalu, ribuan pengunjuk rasa telah muncul memenuhi sejumlah ruas jalan di London, Inggris. Mereka mengecam operasi militer Turki melawan pejuang PKK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com