Kompas.com - 07/05/2016, 17:13 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Irak, Jan Kubis mengungkapkan, telah ditemukan tak kurang dari 50 lokasi kuburan massal di berbagai tempat di Irak.

Lokasi kuburan massal itu ditemukan di wilayah-wilayah yang semula dikuasai kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Sehingga, kuat dugaan kuburan massal itu pun merupakan tempat menimbun para korban keganasan ISIS.

Informasi ini disampaikan Jan Kubis saat memberikan laporan kepada Dewan Keamanan PBB Jumat kemarin, seperti dikutip dari Kantor Berita Associated Press, Sabtu (7/5/2016).

50-an liang kuburan massal itu termasuk tiga lubang yang masing-masing mengubur sekitar 40 jasad di lapangan sepak bola Ramadi. Lokasi itu ditemukan pada 19 April lalu.

Jan Kubis lalu mengatakan, temuan itu sekaligus menjadi bukti kuat atas kekejaman yang dilakukan kelompok teroris itu terhadap kemanusiaan.

Sebelumnya, Ramadi dan sejumlah wilayah di utara dan timur Irak berhasil diambil alih dari tangan ISIS. Ramadi yang dikuasai ISIS sejak Mei 2015, sepenuhnya dibebaskan sejak bulan Februari lalu.

Kubis mendesak tentang diperlukannya aksi untuk meminta pertanggungjawaban dari para teroris yang menggunakan nama ISIS tersebut.

Sementara itu, BBC melaporkan, tulang belulang manusia juga ditemukan di sebuah kuburan massal di Sinjar, Irak utara, lalu di Anbar, Irak barat, dan di Tikrit, Irak utara.

Kubis mengatakan krisis kemanusiaan yang kini terjadi di Irak merupakan salah satu yang terburuk di dunia.' Lebih dari 10 juta orang atau tak kurang dari sepertiga warga di negara itu membutuhkan bantuan internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.