Kompas.com - 22/04/2016, 21:47 WIB
EditorErvan Hardoko

WARSAWA, KOMPAS.com - Seorang kurator museum mengklaim tanpa sengaja menemukan Kamar Amber yang hilang dicuri pasukan Nazi Jerman saat menyerang Rusia pada Perang Dunia II.

Kamar Amber adalah sebuah kamar yang dihiasi panel-panel amber yang dilengkapi daun-daun emas dan cermin. Kamar ini berada di Istana Katerina dekat St Petersburg, Rusia.

Kamar Amber dibangun pada abad ke-18 namun hilang dalam Perang Dunia II dan dibuat ulang pada 2003. Sebelum hilang, Kamar Amber dianggap sebagai keajaiban dunia kedelapan.

Adalah Bartolomiej Plebanczyk yang mengklaim telah mendapatkan harta karun yang hilang itu saat dia menemukan ruangan bawah tanah di sebuah kompleks terowongan dan bunker Nazi.

Di dalam ruang bawah tanah itu, Bartolomiej yakin bisa menampung barang jarahan Nazi dalam jumlah sangat besar, termasuk Kamar Amber yang dicuri dari Istana Katherine, lebih dari 70 tahun lalu.

Kamar Amber, yang diperkirakan para pakar bernilai 350 juta poundsterling atau sekitar Rp 6,6 triliun, merupakan sebuah dekorasi interior yang dibuat dari amber, batu mulia, dan emas untuk Tsar Rusia.

Sejak hilang dijarah Nazi, Kamar Amber menjadi satu dari dua misteri terbesar yang tersisa dari Perang Dunia II.

Mirror Kamar Amber yang hilang.

Bartolomiej, kurator Museum Marmeki Polandia, kini mencari izin untuk mengebor ruang bawah tanah yang baru ditemukan itu sehingga dia bisa memasukkan kamera video untuk memeriksa isi ruangan tersebut.

Area yang hendak diselidiki itu diduga terdiri atas sebuah bangunan rahasia yang dibangun pada 1950-an. Keberadaan tempat itu disinggung Komandan Nazi Prusia Timur Erich Koch saat dipenjara usai perang berakhir.

"Saat itu para penjinak ranjau datang dan meledakkan pondasi bunker ini secara acak namun tak menemukan sesuatu," kata Bartolomiej kepada media setempat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber The Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.