Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Korban MH370 Asal Australia Gugat Malaysia Airlines

Kompas.com - 24/02/2016, 21:09 WIB
CANBERRA, KOMPAS.com - Seorang perempuan asal negara bagian Victoria yang kehilangan suaminya ketika Malaysia Airlines MH370 hilang, dua tahun lalu, menggugat maskapai penerbangan tersebut.

Dalam surat yang diajukan ke Pengadilan Tinggi Victoria, Yen Li Chong (49) menuduh maskapai itu melanggar kewajibannya terhadap penumpang yang mengakibatkan kematian suaminya, Chong Ling Tan.

Chong Ling Tan adalah penumpang kelas bisnis di penerbangan yang menghilang pada Maret 2014 tersebut.

Yen Li menuduh Malaysia Airlines lalai dan gagal untuk memastikan pesawat naas itu aman, terpantau, dan terlacak setiap saat.

Malaysia Airlines juga dituduh gagal untuk memastikan bahwa upaya pencegahan yang wajar atau cukup telah diambil.

Malaysia Airlines juga dianggap gagal memastikan bahwa awak kabin, pegawai, dan agennya mengikuti semua prosedur yang tepat dan tak melakukan kesalahan.

Surat itu menyebut jika maskapai tersebut memastikan bahwa penerbangan itu aman, bahwa ada tindakan pencegahan yang memadai, dan bahwa penerbangan itu diawasi, maka pesawat itu tak akan menghilang tanpa jejak.

Yen Li, yang didukung kedua anaknya yang berusia 19 dan 14 tahun, menggugat maskapai penerbangan itu atas kerusakan yang tak terhingga, mengklaim karena ia dirugikan atas keterkejutan yang dialaminya dan kehilangan pendapatan.

Pesawat itu menyimpang dari jalur penerbangan antara Kuala Lumpur dan Beijing pada 8 Maret 2014.

Puing-puing pesawat Boeing 777 yang ditemukan di pulau La Reunion, yang membuktikan MH370 jatuh di Samudra Hindia. Namun, penyebab bencana masih belum diketahui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com