Kompas.com - 29/01/2016, 16:47 WIB
EditorFarid Assifa
NEW YORK, KOMPAS.com — Garda revolusi Iran merekrut ribuan warga Afganistan. Beberapa di antaranya dipaksa untuk bergabung dengan tentara rezim Assad untuk berperang melawan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian dilaporkan pemantau HAM Suriah, Jumat (29/1/2016).

"Iran bukan hanya menawarkan insentif kepada pengungsi dan migran Afganistan untuk berperang di Suriah, melainkan beberapa orang mengaku diancam deportasi ke Afganistan jika mereka menolak tawaran itu," kata Peter Bouckaert, Direktur Emergensi di pemantau HAM yang berbasis di New York.

"Dihadapkan dengan pilihan suram, beberapa dari mereka, pria dewasa dan anak-anak, kabur dari Iran menuju Eropa," kata Bouckaert.

Teheran mengatakan, Brigade Fatemiyoun, yang terdiri dari warga Afganistan, adalah relawan untuk mempertahankan situs-situs keramat Syiah di Suriah dan Irak dari gempuran ekstremis Suni seperti kelompok ISIS.

Brigade tersebut, yang didukung Garda Revolusi, diambil dari nama putri Nabi Muhammad yang makamnya berada di dekat Damaskus dan dihormati Syiah.

Namun, beberapa laporan mengatakan, warga Afganistan ditawari status penduduk tetap dan gaji per bulan agar berperang untuk Iran.

Sementara itu, Iran membantah merekrut warga Afganistan untuk berperang di Suriah. Iran menyatakan bahwa pihaknya hanya menerjunkan komandan dan jenderal sebagai "penasihat militer" di Suriah dan Irak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.