Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran: Pemutusan Hubungan Tak Akan Mengalihkan Perhatian dari Kesalahan Saudi

Kompas.com - 04/01/2016, 15:52 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Keputusan Arab Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Iran menyusul serangan terhadap misi diplomatik Saudi di Iran tidak akan mengalihkan perhatian Republik Islam itu dari "kesalahan besar" Riyadh mengeksekusi seorang ulama Syiah. Demikian kata seorang pejabat senior Iran, Senin (4/1/2016).

"Dengan memutuskan untuk memutus hubungan (diplomatik), Arab Saudi tidak dapat membuat (dunia) lupa kesalahan besarnya, yaitu mengeksekusi seorang ulama," kata Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, sebagaimana dikutip kantor berita IRNA.

Dia menambahkan, Arab Saudi telah melakukan "kesalahan strategis dalam mengadopsi keputusan gegabah dan tergesa-gesa yang telah menimbulkan ketidakstabilan dan memicu perkembangan terorisme di kawasan".

Eksekusi yang dilakukan Riyadh terhadap Nimr al-Nimr memicu protes luas di negara-negara berpenduduk mayoritas Syiah di Timur Tengah. Massa telah menyerang Kedutaan Saudi di Teheran dan konsulat negara itu di Masyhad, kota kedua terbesar di Iran beberapa jam setelah pengumuman eksekusi itu dilakukan.

Serangan terhadap misi diplomatik itu memicu Saudi untuk memutuskan hubungan dengan Iran, yang sudah lama menjadi saingan Saudi di kawasan itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, kedua negara telah berada di pihak yang berseberangan dalam perang di Suriah. Iran mendukung rezim, sementara Saudi mendukung para pemberontak. Dalam konflik di Yaman, koalisi yang dipimpin Saudi sedang berjuang melawan pemberontak Syiah yang didukung Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com