Kompas.com - 07/12/2015, 04:01 WIB
|
EditorBayu Galih

PARIS, KOMPAS.com - Paus Fransiskus mendoakan pemimpin dunia yang bersidang di KTT Perubahan Iklim, COP 21 Paris, Perancis, agar mendapatkan keberhasilan.

Dengan demikian, kesepakatan yang baik bagi keberlangsungan martabat manusia bisa tercapai, serta dapat mengatasi masalah kemiskinan.

Paus berbicara di hadapan banyak orang di Santo Petrus, Roma, Minggu (6/12/2015), dan menyebut bahwa selalu mengikuti KTT Perubahan Iklim. 

Dia juga mengatakan, teringat akan ensiklik (surat agung), dan mengatakan.

"Dunia macam apa yang ingin kita sampaikan kepada mereka yang datang setelah kita, untuk anak-anak yang tumbuh di masa mendatang..."

"Demi rumah bersama, kita berbagi untuk generasi mendatang, setiap upaya harus dilakukan di Paris untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan, pada saat yang sama, untuk mengatasi kemiskinan dan membiarkan martabat manusia berkembang," tutur Paus.

Martin Kaiser dari Greenpace menanggapi bahwa pernyataan Paus tersebut pesan moral dan juga beban yang intervensinya akan terasa di KTT Perubahan iklim di Paris.

"Pesan Paus sangat penting menjelang minggu terakhir KTT yang diharapkan mendapatkan keputusan penting dan bermanfaat bagi bumi dan kemanusiaan," ucap Martin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.