Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Ledakkan Bom Mobil di Konsulat Italia di Kairo, 1 Tewas

Kompas.com - 11/07/2015, 23:52 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku mendalangi sebuah aksi bom mobil di luar kantor konsulat Italia di Kairo, Sabtu (11/7/2015), yang menewaskan satu orang dan melukai 9 orang lainnya.

"Prajurit Negara Islam di Kairo berhasil meledakkan sebuah mobil berisi 450 kilogram bahan peledak di kantor konsulat Italia," demikian Kelompok Intelijen SITE mengutip pernyataan dari akun Twitter ISIS.

"Kami menyarankan umat Muslim untuk menjauhi tempat-tempat tersebut, karena tempat-tempat itu adalah sasaran sah bagi para mujahidin," tambah pernyataan itu.

Menteri Kesehatan Mesir Hossam Abdel Ghaffar mengatakan ledakan bom mobil itu menewaskan seorang warga sipil dan melukai 9 orang lainnya, termasuk seorang polisi dan pejalan kaki.

Tak banyak jatuh korban dalam serangan ini karena kantor konsulat Italia yang berlokasi di dekat kantor kejaksaan dan mahkamah agung di pusat kota Kairo itu, tidak beroperasi sepanjang akhir pekan.

Serangan bom mobil ini terjadi kurang dari dua pekan setelah tersangka anggota kelompok militan membunuh seorang jaksa ternama Mesir juga lewat aksi bom mobil.

Serangan ini merupakan yang pertama menyasar kantor misi asing di Kairo sejak sejumlah kelompok militan memulai kampanye melawan militer Mesir menyusul tergulingnya pemerintahan yang disokong Ikhwanul Muslimin dua tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com