Kompas.com - 01/06/2015, 18:18 WIB
EditorErvan Hardoko
TEHERAN, KOMPAS.com - Seorang perwira militer Iran tewas di dekat kota Ramadi, Irak saat bertugas menjadi penasihat untuk militer Irak yang berupaya kembali merebut ibu kota provinsi Anbar itu dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Jassem Nouri, yang juga pernah penjadi penasihat militer di Suriah, tewas pada Kamis pekan lalu. Demikian dikabarkan kantor berita IRNA, Senin (1/6/2015).

Para pemimpin politik dan militer bergabung dengan seluruh keluarga Nouri untuk menghadiri upacara pemakaman sang perwira di kota Ahvaz, wilayah barat daya Irak yang digelar Senin ini.

"Komandan perang Iran-Irak, Jassem Nouri ada di sana (Irak) sebagai penasihat militer untuk membagi pengalamannya dengan para pejuang Irak," demikian seorang tokoh agama Qassem Khaziravi menggambarkan sosok Nouri.

Pemerintah Iran memasok persenjataan dan penasihat militer bagi pemerintah Irak dan Suriah. Meski demikian Iran terus membantah terlibat dalam konflik bersenjata di dua negara tersebut.

Ramadi adalah ibu kota provinsi Anbar yang mayoritas penduduknya adalah umat Muslim Sunni. Kondisi ini yang awalnya membuat PM Haider al-Abadi mencoba untuk tidak mengirimkan milisi Syiah dukungan Iran ke wilayah itu.

Namun, dengan jatuhnya kota itu ke tangan ISIS maka PM Abadi tak memiliki pilihan lain selain mengirimkan milisi bersenjata Syiah untuk mendukung militer Irak dalam pertempuran memperebutkan Ramadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.