Kompas.com - 04/05/2015, 19:10 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com - Dua orang personel pasukan penjaga keamanan PBB terluka ketika tembakan mortir dari Suriah menghantam markas mereka di dataran tinggi Golan yang diduduki Israel, Senin (4/5/2015).

"Tembakan mortir hantam Golan di Ein Ziva dan di basis UNDOF di Zivanit. Dua tentara PBB dievakuasik ke Israel untuk mendapatkan perawatan medis," kata juru bicara AD Israel, Letnan Kolonel Peter Lerner.

AD Israel mengatakan, tembakan mortir itu tidak diarahkan langsung ke wilayah Golan-Israel. Tembakan itu lebih merupakan serangkaian tembakan dari konflik bersenjata di Suriah.

Sejak konflik bersenjata di Suriah pecah pada 2011, situasi di Dataran Tinggi Golan terus memanas, dengan diwarnai sejumlah tembakan roket dan mortir yang jatuh di wilayah Israel dan tak jarang memicu serangan balasan dari Israel.

Pada Januari lalu, seorang tentara PBB asal Spanyol tewas di perbatasan Israel-Lebanon ketika terjadi baku tembak antara pasukan Israel dan Hezbollah.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pemantau HAM Suriah Rami Abdel Rahman, kepada AFP, mengatakan pertempuran antara kelompok pemberontak sudah terjadi sejak pekan lalu di kawasan yang tak jauh dari garis gencatan senjata di Golan.

"Pertempuran antara kelompok pemberontak Suriah di Qahtaniya dekat garis gencatan senjata di Dataran Tinggi Golan masih berlangsung. Tak jarang mereka saling melepaskan tembakan mortir," ujar Rami.

Israel merebut 1.200 kilometer persegi Dataran Tinggi Golan usai Perang Enam Hari pada 1967 dan kemudian menguasai wilayah itu meski langkah tersebut tak pernah diakui dunia internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.