Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Menyesal Terkait Perang dengan AS

Kompas.com - 30/04/2015, 03:10 WIB

KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan "penyesalan mendalam" terkait peran Jepang pada Perang Dunia Kedua.

Hal ini ia sampaikan saat menyampaikan pidato bersejarah di Kongres Amerika Serikat, hari Rabu (29/04).

Dia menyampaikan "penghormatan mendalam" dan "belasungkawa selamanya" terhadap tentara-tentara AS yang tewas dalam perang.

Abe sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika untuk merundingkan kesepakatan perdagangan lintas Pasifik yang mencakup banyak hal.

PM Jepang dan Presiden Barack Obama juga menyepakati panduan baru kerja sama pertahanan.

Tetapi pidatonya dalam rapat bersama Kongres diperhatikan secara khusus terkait komentar tentang agresi Jepang pada Perang Dunia Kedua. Tahun ini adalah peringatan ke 70 berakhirnya konflik tersebut.

Abe mengatakan, dia mengunjungi tempat peringatan Perang Dunia Kedua di Washington dan memikirkan 400.000 pasukan Amerika yang tewas dengan "penyesalan mendalam di hati".

"Teman-teman saya, mewakili Jepang dan rakyat Jepang, saya menyampaikan dengan penghormatan mendalam belasungkawa selamanya kepada jiwa semua warga Amerika yang hilang saat Perang Dunia Kedua," katanya disambut dengan tepuk tangan hangat.

Abe juga mengakui Jepang "menciptakan penderitaan kepada warga negara-negara Asia" dan menambahkan Jepang tidak boleh memalingkan pandangan dari hal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com