Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tentara Iran Tewas di Perbatasan dengan Pakistan

Kompas.com - 07/04/2015, 14:03 WIB
TEHRAN, KOMPAS.com - Delapan penjaga perbatasan Iran tewas dalam bentrokan dengan pemberontak sunni yang telah menyusup dari negara tetangga Pakistan, lapor kantor berita resmi Iran, IRNA, Selasa (7/4/2015).

"Teroris bersenjata memasuki Iran dari Pakistan dan bentrok dengan penjaga perbatasan, menewaskan delapan tentara sebelum melarikan diri kembali ke Pakistan," kata Ali Asghar Mirshekari, wakil gubernur Provinsi Sistan Baluchistan, kepada kantor berita itu.

Provinsi di tenggara Iran itu memiliki komunitas sunni yang besar.  Kaum militan telah berulang kali melancarkan serangan terhadap pasukan keamanan Iran yang didominasi syiah.

Namun bentrokan di distrik Negur merupakan yang paling mematikan sejak Oktober 2013 ketika 14 penjaga perbatasan tewas dalam serangan yang diklaim oleh militan sunni dari kelompok Jaish-ul Adl (Tentara Kehakiman).

Kelompok yang sama menangkap lima tentara Iran pada Februari tahun lalu. Empat dari mereka dibebaskan April lalu. Lima orang lainnya yang masih hilang diduga telah tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com