Kompas.com - 06/02/2015, 16:01 WIB
EditorTri Wahono


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia dan pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, menilai, hubungan Indonesia dengan Malaysia diwarnai sejumlah persepsi negatif terhadap satu sama lain.

Malaysia menilai Indonesia terlalu sensitif, sementara Indonesia menilai Malaysia arogan dan selalu menghina Indonesia. Contoh terakhir adalah keluarnya iklan robot penyedot debu yang memuat kata-kata, "Fire Your Indonesian Maid in Malaysia" atau "Pecat Pelayan Indonesiamu di Malaysia".

Menurut Anwar Ibrahim, Pemerintah Malaysia harusnya bertindak tegas dengan memerintahkan iklan itu ditarik. Selain itu, Pemerintah Malaysia juga harus meminta maaf kepada Indonesia.

Ketegasan dua pemerintah dituntut untuk mengatasi riak-riak kecil dalam hubungan Indonesia dan Malaysia agar tidak sampai meresahkan rakyat dua negara.

Presiden Joko Widodo dalam lawatannya pertama kali ke Malaysia diharapkan bisa memanfaatkan momentum ini untuk menjaga dan meneruskan hubungan baik dua negara. Selama ini, hubungan Indonesia dan Malaysia "panas dingin" karena dipicu persoalan perbatasan wilayah, perebutan klaim atas sejumlah pulau, penganiayaan TKI, dan klaim-klaim Malaysia atas seni budaya Indonesia.

Komentar lengkap Anwar Ibrahim akan ditayangkan dalam wawancara khusus Kompas TV bersama Dentamira Kusuma di Kompas Petang, Jumat, 6 Februari 2015 pukul 16.30 WIB.

Anwar Ibrahim tengah melakukan kunjungan ke Indonesia untuk berbicara di Universitas Al Azhar, berkunjung ke pesantren di Ulujami, serta menemui sahabatnya, BJ Habibie. (Juanita Wiratmaja/Kompas TV)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.