Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Inggris dan AS Janji Perangi Terorisme

Kompas.com - 15/01/2015, 12:11 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berjanji untuk mengalahkan ideologi terorisme.

Dalam pembicaraan di Washington DC, kedua pemimpin itu mengatakan mereka tidak akan membiarkan seseorang untuk "memberangus kebebasan berbicara" setelah pria bersenjata, yang punya kaitan dengan Al Qaeda, menewaskan 17 orang dalam serangan teror di Perancis.

Melalui sebuah artikel di harian New York Times edisi Kamis (15/01), kedua pemimpin menyatakan dunia telah merespons "dengan satu suara" serangan Paris terhadap majalah Charlie Hebdo, petugas polisi dan sebuah supermarket yang menjual makanan halal bagi kaum Yahudi.

Bersama dengan Perancis, pemimpin Inggris dan AS itu menyatakan, "Kami telah menjelaskan kepada mereka yang berpikir dapat memberangus kebebasan berbicara dan berekspresi dengan kekerasan akan membuat suara kami akan lebih keras," kata mereka.

Kedua pemimpin juga mengatakan mereka dapat "mengalahkan pembunuh yang barbar dan ideologi mereka yang salah".

Obama dan Cameron diperkirakan akan membahas kejahatan siber dan masalah ekonomi selama dua hari.

Selain itu, mereka akan membahas isu terkini tentang upaya memberantas Ebola, ancaman ISIS dan aksi Rusia terhadap Ukraina.

Dua pemimpin negara ini akan bertemu dalam jamuan makan malam di Gedung Putih pada Kamis(15/1/2015) dan bertemu kembali untuk pembicaraan politik dan ekonomi di Ruangan Oval, Gedung Putih, pada Jumat.

Pembicaraan pada Kamis lebih fokus pada ekonomi, di tengah ketidakpastian zona euro dan kontroversi terhadap rencana kesepakatan dagang AS-Uni Eropa.

Tampaknya ini akan menjadi kunjungan terakhir Cameron sebelum pemilu yang digelar pada Mei nanti.

Cameron juga diperkirakan akan membahas tentang Shaker Aamer, warga Inggris yang ditahan di penjara Teluk Guantanamo.

Aamer telah ditahan selama 13 tahun tanpa pengadilan, dan Inggris akan mengembalikannya kepada keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com