Kompas.com - 07/01/2015, 19:42 WIB
EditorErvan Hardoko
LONDON, KOMPAS.com — Perdana Menteri Inggris David Cameron, Rabu (7/1/2015), mengecam serangan "barbar" terhadap kantor majalah satire Perancis Charlie Hebdo, yang sejauh ini telah menewaskan 11 orang.

PM Cameron menegaskan, Inggris akan tetap bersama Perancis memerangi segala bentuk terorisme. Pernyataan Cameron ini dikeluarkan saat menghadiri sesi sidang dengan majelis rendah parlemen Inggris.

"Saya yakin semua anggota parlemen akan sepakat dengan saya dalam mengecam serangan 'barbar' pagi ini di sebuah kantor majalah di Paris," ujar Cameron.

"Sejauh ini detail peristiwa itu belum jelas. Saya paham bahwa parlemen dan negara ini akan tetap bersama rakyat Perancis dalam perlawanan terhadap segala bentuk terorisme. Kita juga tetap mempertahankan demokrasi dan kebebasan berpendapat," lanjut Cameron.

Sebelumnya, lewat akun Twitter-nya, PM Cameron menyampaikan pesan bahwa penembakan di Paris sungguh sebuah perbuatan keji. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Philip Hammond mengatakan sangat terkejut mendengar serangan teror di Paris itu.

Majalah satire Charlie Hebdo beberapa kali sempat menerbitkan kartun Nabi Muhammad yang mengundang kecaman umat Muslim di seluruh dunia.

Kantor majalah ini sempat diserang bom molotov beberapa tahun lalu, dan sang editor, Stephane Charbonnier, berulang kali mendapatkan ancaman pembunuhan, dan kini harus hidup di bawah perlindungan ketat polisi.

Pekan ini, halaman depan majalah tersebut menampilkan penulis kontroversial Michel Houllebecq, yang buku terbarunya, Submission, mengisahkan Perancis di bawah pemerintahan Islam. Buku ini langsung menuai pro dan kontra di negeri tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.