Kompas.com - 27/11/2014, 15:50 WIB
EditorErvan Hardoko
KABUL, KOMPAS.com - Seorang pelaku bom bunuh diri dengan menunggangi sebuah sepeda motor menyerang sebuah kendaraan milik kedutaan besar Inggris di Kabul, Kamis (27/11/2014), menewaskan dua pejalan kaki dan melukai beberapa penumpang mobil itu.

Suara ledakan keras akibat insiden itu bisa didengar di seluruh penjuru Kabul sementara asap hitam membubung tinggi ke udara dari lokasi serangan di jalan Jalalabad, sebuah jalan utama tempat banyak kompleks warga asing dan fasiiltas militer bertempat.

Serangan itu terjadi hanya tiga hari setelah dua tentara AS tewas akibat serangan bom di Kabul. Kondisi ini menggambarkan rapuhnya situasi keamanan di ibu kota Afganistan itu di saat pasukan koalisi segera mengakhiri misi tempur melawan Taliban.

Dalam sebuah pesang lewat Twitter, Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan bom ini dan mengklaim menewaskan banyak warga asing.

Seorang polisi di lokasi serangan mengatakan seorang warga Afganistan yang berada di dalam mobil kedubes Inggris terluka parah di lengannya. Sementara penumpang lain yang terluka sudah dilarikan ke rumah sakit.

"Menurut informasi awal yang kami kumpulkan, sedikitnya dua warga sipil tewas dan lebih dari 10 orang lainnya terluka dalam serangan bom bunuh diri itu," kata juru bicara kepiolisian Kabul Hashmat Stanakzai.

Pada Minggu (23/11/2014), seorang pelaku bom bunuh diri beraksi di sebuah pertandingan bola voli di provinsi Paktika dan menewaskan 57 orang. Serangan itu adalah yang paling berdarah sepanjang 2014.

Misi pasukan NATO pimpinan AS di Afganistan akan selesai akhir tahun ini dan setelahnya sebanyak 12.500 prajurit tetap tinggal di negeri itu untuk melatih dan mendukung militer serta polisi Afganistan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.