Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Internasional Kabul Diserang Militan

Kompas.com - 17/07/2014, 10:45 WIB
KABUL, KOMPAS.COM - Kelompok militan menyerang bandara internasional Kabul, Kamis (17/7/2014) pagi ini, lapor kantor berita AFP.

Kementerian dalam negeri negara itu mengatakan, sekelompok militan melepaskan tembakan dengan senjata otomatis dan pelontar roket setelah merebut sebuah bangunan yang sedang dibangun di bandara itu. Serangan tersebut dimulai pada sekitar pukul 04.30 waktu setempat (atau pukul 07.00 WIB). Sejau ini, tidak ada laporan tentang korban, kata kementerian itu.

"Situasi akan segera dikendalikan," kata Jenderal Ayub Salangi, wakil menteri dalam negeri, kepada AFP saat pasukan keamanan bersenjata dengan senapan otomatis sedang mengambil posisi.

Penerbangan sipil dari bandara internasional di Kabul utara itu telah ditangguhkan, kata seorang pejabat Afghanistan lainnya.

Bandara tersebut terletak di samping sebuah pangkalan militer luas yang dioperasikan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) yang dipimpin NATO. Pasukan ISAF sedang menarik diri dari Afghanistan setelah terlibat perang lebih dari satu dekade di negara itu. Afghanistan saat ini  tengah terlibat perebutan kekuasaan setelah pemilihan presiden yang disengketakan.

Sejumlah helikopter ISAF dan militer Afghanistan terlihat terbang di atas wilayah bandara itu selama serangan tersebut, yang terjadi setelah sebuah bom bunuh diri di sebuah pasar yang sibuk di Provinsi Paktika hari Selasa lalu menewaskan sedikitnya 42 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com