Kompas.com - 25/11/2014, 10:25 WIB
EditorEgidius Patnistik
LOS ANGELES, KOMPAS.COM - Seorang pria 68 tahun dibebaskan dari penjara di California, AS, Senin (24/11/2014), setelah 36 tahun berada di balik jeruji besi. Pembebasan dilakukan karena ada keraguan hakim atas vonisnya terkait kasus pembunuhan.

Michael Hanline dinyatakan bersalah tahun 1978 karena membunuh seorang pengendara sepeda motor JT McGarry dan dipenjara seumur hidup tanpa ada kemungkinan pembebasan bersyarat. Namun Hanline selalu menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah.

"Investigasi ... telah menemukan bukti baru yang menimbulkan keraguan atas kebenaran putusan juri," kata jaksa distrik Ventura County di utara LA, Gregory Totten.

Hanline, yang ditemui istrinya di luar penjara Solano, diperintahkan untuk memakai sebuah gelang elektronik sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut atas kasusnya, yang secara teori menghasilkan pengadilan ulang.

"Pengadilan belum membuat ketetapan bahwa ia tidak bersalah," kata Michael Schwartz, juru bicara kantor kejaksaan Ventura kepada AFP. Schwartz menegaskan bahwa Hanline "masih didakwa telah melakukan pembunuhan."

Dia menambahkan, sebuah sidang pengadilan telah dijadwalkan akan digelar pada 27 Februari tahun depan untuk memutuskan apakah akan menggelar pengadilan ulang atas kasus itu.

McGarry hilang dari rumahnya pada November 1978, dan beberapa hari kemudian, tubuhnya yang penuh peluru ditemukan di dekat jalan sekitar 50 kilometer dari rumahnya. Hanline ditangkap setelah sebuah penyelidikan yang berlangsung selama beberapa minggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.