Kompas.com - 04/11/2014, 14:57 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.COM — Seorang pegiat perempuan dan pengacara Arab Saudi telah ditahan selama satu minggu karena dituduh menerbitkan kicauan di Twitter yang menghina Islam.

Dilaporkan bahwa dia menggambarkan sejumlah pemimpin Islam sebagai orang-orang yang munafik di Twitter.

Keluarga dan pendukung Souad al Shammary sedang meminta kepada Raja Arab Saudi, Abdullah, untuk membebaskannya.

Putrinya memberi tahu kepada BBC bahwa ibunya menolak menjawab pertanyaan apa pun sampai dia diberi tahu dengan jelas tuntutan yang dihadapinya.

Putrinya juga mengatakan khawatir ibunya mungkin diperlakukan sama seperti Raef Badawi, seorang pegiat Saudi yang menjadi rekannya dalam mendirikan sebuah kelompok yang dinamai Saudi Liberal.

Badawi saat ini tengah menjalani hukuman penjara sepuluh tahun karena menghina Islam.

Souad al Shammary merupakan pengacara terkemuka bagi hak-hak kaum perempuan di Arab Saudi dan merupakan salah satu perempuan pertama yang diizinkan melakukan pembelaan kasus-kasus di pengadilan Saudi.

Pekan lalu, pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman penjara lima hingga delapan tahun kepada tiga penasihat hukum yang mengkritik sistem peradilan kerajaan itu lewat Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.