Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 dari 4 Empat Orang di Australia Berpandangan Negatif terhadap Warga Muslim

Kompas.com - 29/10/2014, 13:00 WIB
KOMPAS.COM - Satu dari empat orang di Australia ternyata memiliki pandangan negatif terhadap warga Muslim. Mereka didominasi oleh orang di kelompok usia 65 tahun ke atas.

Demikian terungkap dalam laporan penelitian tentang kohesi sosial di Australia yang diterbitkan Monash University dan Scanlon Foundation. Penelitian menggunakan alat ukur perilaku publik dalam isu seperti imigrasi dan multikulturalisme.

Peneliti Professor Andrew Markus mengungkapkan, temuan penelitian ini menunjukkan kondisi yang memprihatinkan. Selain itu, pandangan negatif ini lebih tinggi lima kali dibandingkan pandangan negatif terhadap warga dari kelompok agama lainnya.

"Di saat-saat meningkatnya ketegangan sosial, mereka yang memiliki pandangan sangat negatif, mungkin saja melakukan tindakan tertentu untuk melampiaskan pandangan negatifnya," kata Prof. Markus.

"Mereka inilah yang mungkin melakukan pelecehan dan penghinaan terhadap warga Muslim di jalan," tambahnya. "Namun jumlah mereka yang berpandangan sangat negatif ini juga sangat kecil. Tapi tetap memprihatinkan."

Penelitian dengan menggunakan metode survei terhadap 2.596 responden secara nasional, dilakukan sepanjang Juni dan Juli lalu.

Hasilnya menunjukkan adanya sejumlah variabel demografi, misalnya para responden berusia 65 tahun ke atas, ternyata empat kali lebih besar kemungkinannya memiliki pandangan negatif terhadap warga Muslim dibandingkan dengan yang berusia 18 hingga 24 tahun.

Terungkap pula, anak-anak muda di negara bagian Victoria lebih memiliki pandangan positif terhadap warga Muslim di sekitarnya.

Terhadap isu imigrasi, mayoritas responden menyatakan jumlah imigran sudah pas atau terlalu rendah. Hanya sekitar 35 persen yang menyatakan jumlah itu sangat tinggi.

Kesimpulan utama penelitian ini menyebutkan masyarakat Australia tetap berada dalam kondisi kohesi sosial yang tinggi. Padahal, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah berada di titik rendah, hanya sekitar 15 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com