Kompas.com - 07/10/2014, 07:58 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Seorang remaja Amerika berusia 19 tahun telah ditangkap karena diduga berupaya bepergian ke luar negeri untuk bergabung dengan kelompok militan ISIS.

Pernyataan pers yang dikeluarkan Departemen Kehakiman Amerika hari Senin kemarin menyatakan Mohammed Hamzah Khan tanpa melawan ditangkap di bandara internasional O’Hare hari Sabtu oleh FBI sebelum ia terbang dari Chicago menuju Istanbul lewat Wina.

Khan dituntut hari Senin di pengadilan distrik Amerika dengan tuntutan berupaya memberi dukungan materi bagi organisasi teroris asing yang beroperasi di Irak dan Suriah. Warga negara bagian Illinois itu muncul di hadapan hakim hari Senin dan tetap ditahan menunggu sidang hari Kamis.

Pernyataan tertulis itu menyatakan upaya memberi dukungan materi bagi organisasi teroris asing diancam hukuman penjara maksimum 15 tahun dan denda 250 ribu dolar.

Pernyataan Departemen Kehakiman itu menambahkan bahwa tuduhan yang disampaikan atas Khan bukan merupakan bukti bahwa ia bersalah. Tergugat dianggap tidak bersalah dan berhak menjalani sidang yang adil dan pemerintah harus membuktikan bahwa ia benar-benar bersalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.