Kompas.com - 03/10/2014, 20:37 WIB
EditorErvan Hardoko
KIRKUK, KOMPAS.com - Pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Jumat (3/10/2014), meledakkan sebuah jembatan penting di provinsi Salahedin, Irak saat bergerak mundur setelah digempur pasukan pro-pemerintah.

Pasukan Irak yang didukung pasukan Peshmerga Kurdi dan milisi Syiah menggempur posisi ISIS di kota Tuz Khurmatu sejak Kamis (2/10/2014).

"Pada pukul 05.00 pagi, pasukan Peshmerga dan pasukan Irak menyerang sejumlah wilayah dan bergerak maju dari Tuz Khurmatu ke ara Tikrit untuk merebut jembatan Zerga, yang menghubungkan kedua kota," kata Mullah Karim Shukur, seorang tokoh senior Partai Persatuan Patriotik Kurdistan.

"Dalam gerak maju ini, pasukan ISIS yang mundur meledakkan jembatan dan meninggalkan puluhan jasad rekannya," tambah Shukur.

Shallal Abdul, wali kota Tuz Khurmatu, mengatakan lima desa berhasil direbut kembali dari tangan ISIS pada Kamis serta empat desa lainnya direbut pada Jumat sebelum pasukan gabungan mencapai jembatan yang melintasi Sungai Tigris itu.

"Pasukan kami berencana merebut kembali semua wilayah yang dikuasai ISIS, mereka kabur meninggalkan jasad rekan-rekan mereka," ujar Shallal Abdul.

Sementara itu, kota Tikrit -kampung halaman mendiang Saddam Hussein- berada dalam genggaman ISIS sejak hari pertama serangan kilat yang digelar empat bulan lalu. Pasukan Irak selalu gagal merebut Tikrit dalam beberapa kali percobaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.