Kompas.com - 20/08/2014, 18:46 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah pemandangan unik terlihat di langit ibu kota Rusia, Moskwa ketika  bendera Ukraina terbentang di puncak sebuah gedung pencakar langit yang mudah terlihat dari Kremlin, pusat pemerintahan Rusia, Rabu (20/8/2014).

Tak hanya bendera yang dibentangkan. Di puncak gedung yang dibangun di masa Uni Soviet itu terdapat sebuah bintang lambang kejayaan Soviet di masa lalu. Bintang itulah yang kemudian dicat kuning dan biru, warna bendera nasional Ukraina.

"Bendera itu dipasang oleh sejumlah kriminal di puncak gedung Kotelnicheskaya Embankment," kata juru bicara Kementerian Masalah Darurat, Roman Kilkeyev.

Pemerintah Rusia terpaksa mengirim sejumlah pekerja untuk mencabut bendera Ukraina itu dan mengecat ulang bintang di puncak gedung setinggi 176  meter itu dengan warna emas.

Hubungan antara Rusia dan Ukraina memburuk setelah Viktor Yanukovych, presiden Ukraina yang pro-Rusia digulingkan aksi massa dan digantikan pemerintahan pro-Barat pada Februari lalu.

Kondisi semakin buruk setelah Rusia menganeksasi Semenanjung Crimea pada Maret yang disusul kelompok separatis di wilayah timur Ukraina yang ingin melepaskan diri dari Kiev. Pemberontakan yang pecah sejak April itu sudah menewaskan 2.200 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.