Kompas.com - 13/07/2014, 01:10 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW YORK, KOMPAS.com - Human Right Watch (HRW), organisasi HAM yang berbasis di New York, Sabtu (12/5/2014), mengatakan pasukan Irak dan milisi Syiah telah mengeksekusi sedikitnya 255 tawanan di enam kota dan sejumlah desa.

HRW menambahkan para tawanan Sunni itu dieksekusi saat pasukan Irak dan milisi Syiah bergerak mundur untuk menghindari serangan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Setidaknya, masih menurut HRW, delapan tawanan yang dieksekusi adalah anak-anak berusia di bawah 18 tahun.

Lima kasus pembantaian tahanan ini tercatat pada 9-21 Juni di kota Mosul dan Tal Afar di Provinsi Nineveh, di kota Baquba dan Jumarkhe di Provinsi Diyala dan di kota Rawa yang terletak di Provinsi Anbar.

Dalam laporannya itu, HRW mengutip berbagai pernyataan saksi, sejumlah sumber kepolisian dan wawancara dengan keluarga korban.

"Pembunuhan ini bisa menjadi bukti kejahatan perang dan kejahatan melawan kemanusiaan," demikian laporan HRW.

Organisasi ini menambahkan, pembantaian ratusan tahanan Sunni ini merupakan sebuah tindakan balasan atas hal serupa yang dilakukan ISIS terhadap anggota pasukan Irak.

"Menembaki tahanan adalah pelanggaran berat terhadap hukum internasional," kata Wakil Direktur HRW urusan Timur Tengah, Joe Stork.

"Sementara dunia mengecam kekejaman ISIS, di saat yang sama dunia juga jangan menutup mata pembunuhan sektarian yang dilakukan pasukan pemerintah dan milisi pro-pemerintah," tambah Stork.

Di banyak kasus para tahanan ditembak mati begitu saja. Dalam dua kasus yang dicatat HRW, pasukan pemerintah melemparkan granat ke dalam sel yang penuh tahanan bahkan diperoleh laporan puluhan tahanan dibakar hidup-hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.