Kompas.com - 13/06/2014, 17:14 WIB
EditorErvan Hardoko

BANGKOK, KOMPAS.com — Pemimpin junta militer Thailand, Jumat (13/6/2014), mengatakan, pemerintahan sementara negeri itu akan dibentuk paling lambat pada September mendatang.

Jenderal Prayuth Chan-O-cha, dalam pidato di depan para perwira tinggi militer, mengumumkan tanggal penetapan pemerintah sementara itu sebagai bagian dari rencana rekonsiliasi tiga tahap, termasuk pembentukan pemerintahan dan pemilihan umum.

"Pemerintahan akan dibentuk sebelum Agustus, atau paling lambat September," kata Jenderal Prayuth.

Namun, ia tidak menyebutkan apakah pemerintahan sementara Thailand yang akan dibentuk itu mencakup pejabat sipil atau militer.

Jenderal Prayuth menetapkan sejumlah rencana untuk mengubah sistem politik, ekonomi, dan sosial Thailand.

Ia mengatakan akan mempertimbangkan langkah mengurangi biaya hidup, melakukan kajian terhadap subsidi pertanian, dan mereformasi sistem pendidikan serta kepolisian.

Militer Thailand melakukan kudeta pada 22 Mei lalu setelah enam bulan unjuk rasa dilakukan untuk menuntut mundurnya Perdana Menteri Yingluck Shinawatra.

Prayuth juga mengatakan, konstitusi sementara akan dirancang dalam waktu tiga bulan, dan perlu waktu paling tidak satu tahun untuk sampai pada penyelenggaraan pemilihan umum.

Militer telah mencabut jam malam di 30 provinsi, termasuk tempat-tempat wisata, untuk kembali menarik para turis. Pariwisata menghasilkan 10 persen pendapatan bagi negara itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.