Kompas.com - 12/06/2014, 14:27 WIB
EditorEgidius Patnistik
NEW YORK, KOMPAS.COM - Dewan Keamanan PBB mengutuk serangan militer di Irak oleh kelompok militan Islam yang telah menguasai dua kota besar, yaitu Mosul dan Tikrit.

PBB juga memprihatinkan persoalan kemanusiaan di sekitar Mosul, ketika sekitar 500.000 orang telah meninggalkan wilayah itu, saat  peristiwa "mengerikan dan makin memburuk."

Perdana Menteri Irak, Nouri Maliki telah bersumpah untuk melawan Kelompok Negara Islam di Irak dan Levant (ISIL). Maliki juga mengatakan, dia akan melakukan tindakan hukum terhadap tentara yang melarikan diri atau yang menolak bertempur terhadap kelompok tersebut.

Kelompok militan itu melakukan konsolidasi kekuatannya di Tikrit, kota asal Saddam Hussein, yang telah mereka kuasai pada Selasa lalu, sehari setelah menguasai Mosul, kota kedua terbesar di Irak.

ISIS, yang juga dikenal sebagai ISIL, merupakan bagian dari kelompok Al Qaeda. Mereka mengontrol sebagian besar wilayah di Suriah timur dan Irak bagian barat dan tengah.

Pertempuran Setan

Dalam sebuah pernyataan, Dewan Keamanan PBB mengatakan, mereka "menyesalkan peristiwa yang terjadi baru-baru ini di kota Mosul". Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon menyerukan "masyarakat internasional untuk bersatu dan mendukung pemerintah Irak untuk menghadapi tantangan keamanan serius".

Dewan Keamanan juga menyatakan "prihatin terhadap ratusan ribu orang yang meninggalkan rumah mereka".

Sebelumnya, perwakilan Unicef di Irak, Marzio Babille, mengatakan situasi di Mosul sebagai "mengkhawatirkan".

"Situasi sangat mengerikan dan makin memburuk belakangan. Kita harus membantu anak-anak yang kekurangan air bersih, makanan, dan minimnya perlindungan. Mereka tidak bisa menunggu."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.