Kompas.com - 30/05/2014, 20:25 WIB
EditorErvan Hardoko
JERUSALEM, KOMPAS.com - Militer Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat mengatakan telah menangkap seorang pria Palestina yang mengenakan ikat pinggang bahan peledak, Jumat (30/5/2014).

Militer Israel lebih lanjut mengatakan penangkapan pria ini sekaligus mencegah rencana bom bunuh diri pertama di Tepi Barat dalam beberapa tahun terakhir.

Polisi penjaga perbatasan yang mengawasi persimpangan Tapuah yang di sibuk dekat kota Nablus mencurigai gerak gerik seorang pria yang mengenakan mantel di siang hari yang panas.

"Polisi kemudian memerintahkan pria itu untuk berhenti," kata juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Peter Lerner.

Pria yang belum diketahui identitasnya itu berusia 20-an. Dia langsung rebah di jalan ketika polisi memerintahkannya untuk berhenti.

Pria itu kemudian mengangkat mantel dan kausnya yang kemudian terlihat bahwa dia mengenakan ikat pinggang penuh bahan peledak.

Ikat pinggang itu kemudian dilepaskan dan tim penjinak bahan peledak kemudian meledakkannya di tempat yang aman.

"Terdapat 12 pipa baja yang disambung dengan kabel. Pria itu mengatakan dia seharusnya mengaktifkan peledak itu," papar Lerner.

Satu dekade lalu, gelombang aksi bom bunuh diri menghantam Israel di puncak perjuangan kemerdekaan Palestina.

Serangan bom terakhir di Israel terjadi pada 2008 dan Lerner menegaskan intelijen militer tidak menemukan adanya ancaman aksi bunuh diri saat ini.

Lerner menambahkan, kasus ini masih dalam penyelidikan dan penyidik belum mengetahui apakah pria itu merupakan anggota salah satu kelompok militan Palestina.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.