Kompas.com - 09/03/2014, 15:26 WIB
|
EditorFarid Assifa

SINGAPURA, KOMPAS.com - Waktu 36 jam telah berlalu, namun tidak kunjung ada tanda-tanda terlihatnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 itu.

Straits Times melaporkan sore ini, manajemen Malaysian Airlines (MAS) telah meminta keluarga penumpang untuk secara mental dan fisik mempersiapkan diri menghadapi skenario terburuk.

Juru Bicara MAS, Ignatius Ong menyampaikan pernyataan ini di Beijing namun kembali menekankan sampai saat ini pencarian tanpa henti akan terus dilakukan, tidak ada kata menyerah.

Pihak MAS melalui Kedutaan Besar Malaysia di Beijing terus membantu pengurusan visa untuk menerbangkan keluarga penumpang ke Beijing.

Menanggapi rumor bahwa ada keluarga penumpang yang mengaku mendengar dering telepon ketika memanggil kerabatnya di pesawat itu, Ignatius menyampaikan informasi ini telah disampaikan ke otoritas Malaysia dan China. Namun, dia sendiri telah mencoba menelepon nomor itu dan tidak mendengar suara apapun.

Sementara itu, sekitar 100 keluarga penumpang menandatangani petisi menuduh MAS menyembunyikan kebenaran di balik hilangnya pesawat ini.

Pesawat Boeing 777-200 dengan nomor penerbangan MH370 yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing, China, hilang di sekitar wilayah Selatan Vietnam, Sabtu (8/3/2014). Pesawat tersebut mengangkut 239 orang dari 14 kewarganegaraan, termasuk tujuh orang warga negara Indonesia.

Tim penyelamat saat ini meluaskan wilayah pencarian mereka. Tim bergerak di laut dan udara menyusuri sisi selatan Laut China Selatan di wilayah Vietnam lebih dari 24 jam. Pejabat otoritas penerbangan sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman mengatakan, area pencarian diperluas hingga ke pantai barat Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.