Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MH370 Masih Raib, Medsos China Banjir Ungkapan Simpati

Kompas.com - 09/03/2014, 14:06 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Media sosial (medsos) China banjir ungkapan simpati lantaran pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines (MAS) bernomor penerbangan MH370 hingga Minggu (9/3/2014) siang masih raib. Menurut warta AFP , pesawat itu mengangkut 239 penumpang termasuk kru. Dari jumlah itu, 153 di antaranya adalah warga negara China.

Catatan menunjukkan sepanjang 24 jam ke belakang, ungkapan simpati dan berbela rasa menjadi topik utama di Sina Weibo, medsos setara Twitter. Hal sama juga terjadi pada medsos WeChat. "MH370, kami harap radar melihat Anda. Kalau Anda menangkap sinyal radar, tetaplah mengudara dengan capaian ketinggian Anda hingga mencapai tujuan," bunyi salah satu pernyataan di WeChat.

Beberapa pernyataan lain di WeChat ihwal MH370 antara lain, "Kami akan membersihkan jalan untuk Anda. Semua orang akan berbahagia andai Andalah yang pertama kali mendarat."  

Lalu, ada juga yang menulis,"Langit jernih, suhu udara di Beijing lima derajat Celcius, meski agak dingin. Silakan pakai jaketmu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat."

Tak hanya itu, di WeChat ada juga yang menulis,"Ingatlah untuk memeluk keluarga dan kawan-kawanmu usai Engkau mendarat. Mereka sangat mencintaimu."    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com