Kompas.com - 24/02/2014, 20:52 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Warga China sepanjang 2013 adalah pembeli 47 persen alias hampir separuh barang mewah dunia. Data ini berasal dari riset termutakhir Fortune Character Institute (FCI) yang dirilis Xinhua  pada Senin (24/2/2014).


Catatan lembaga itu menunjukkan total jumlah duit yang dibelanjakan adalah 102 miliar dollar AS. Dari jumlah itu, 28 miliar dollar AS untuk belanja barang-barang mewah di pasar domestik. Lalu, sisanya, 74 miliar dollar AS untuk belanja dari luar negeri.

Meski krisis utang melanda Eropa dan China mencanangkan penghematan, pasar barang mewah dunia pada 2013 tersebut tumbuh 11 persen. Volumenya berada di angka 217 miliar dollar AS.

Sekarang, merek-merek barang mewah dunia menyasar China. Bahkan, gerai-gerai barang mewah di luar China sudah memunyai staf yang mampu berbahasa Mandarin. "Upaya ini untuk memberikan pelayanan lebih baik bagi konsumen warga China," kata media itu mengutip Direktur FCI Zhou Ting.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.