Kompas.com - 10/02/2014, 19:37 WIB
EditorErvan Hardoko

MELBOURNE, KOMPAS.com - Sekolah Islam umum dijumpai di Indonesia, tapi bagaimana dengan di Australia?

Seiring dengan bertambahnya jumlah warga muslim di Australia, sekolah-sekolah Islam di negeri itu juga terus bermunculan. Bahkan faktanya sekolah-sekolah Islam di Australia sudah mulai didirikan sejak tahun 1970-an.

Menurut data Dewan Pendidikan Islam di Sekolah Australia atau Australian Islamic Education in Schools menyebut saat ini terdapat lebih dari 30 sekolah Islam di seluruh Australia.

Salah satu negarabagian yang cukup cepat tingkat perkembangan sekolah Islamnya di  Australia adalah kawasan New South Wales (NSW).

Data menyebutkan jumlah sekolah Islam di NSW telah meningkat tiga kali lipat dalam kurun waktu 15 tahun terakhir menjadi 22 buah. Dan begitu juga populasi siswa sekolah Islam juga naik hampir 200 persen menjadi lebih dari 10-ribu siswa.

Lalu seperti apa sekolah muslim di Australia? 

Salah seorang peserta program pertukaran pemuda Indonesia-Australia (AIYEP) asal Sumatera Barat, Rahma Eka Saputri, berkesempatan magang menjadi guru di salah satu sekolah Islam Emity Collage di daerah Kiama, sekitar 120 kilometer sebelah selatan kota Sydney, NSW.

Menurut Rahma Sekolah Islam di Australia sangat berbeda dengan sekolah Islam di Indonesia.

"Kondisi sekolah muslim di Kiama berbeda dengan sekolah, katakanlah, pesantren di Indonesia, mereka semuanya muslim, tapi guru-gurunya tidak semuanya muslim, anak-anak muridnya juga tidak semuanya berjilbab," katanya.

"Tapi di sana diajarkan nilai-nilai beragama seperti rukun, nilai-nilai moral semuanya diajarkan. Mereka sangat menghargai orang-orang yang datang ke sana. Terutama guru-gurunya, mereka sangat senang kalau ada muslim lain yang mengunjungi tempat mereka, begitu juga saya," tambahnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.