Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Presiden Aquino Makin Cemerlang karena Haiyan

Kompas.com - 23/01/2014, 11:58 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Hasil survei Social Weather Stations (SWS) membawa hasil menggembirakan. Lembaga itu mengatakan bahwa supertopan Haiyan justru membuat nama Presiden Filipina Benigno S Aquino III makin cemerlang.


Catatan AP  pada Kamis (23/1/2014) menunjukkan, SWS menyematkan status "amat baik" untuk anak lelaki mantan Presiden Filipina, Corazon Aquino, itu karena memilih bertindak cepat menolong rakyatnya tatkala topan yang lazim dikenal dengan nama Yolanda itu melanda.   

"Presiden Aquino dan Pemerintah Filipina mendapat apresiasi juga dari para korban karena mampu menghapus duka mereka. Meski begitu, tantangan pascabencana masih besar," kata Sekretaris Kepresidenan Filipina untuk Komunikasi, Herminio Coloma Jr.

SWS menghelat survei pada 11 sampai dengan 16 Desember 2013. Dalam survei itu, para korban Haiyan memberikan penilaian "sangat baik". Angkanya adalah +54. Pencapaian ini berada di atas angka rata-rata +48 yang diberikan kepada warga yang tidak menjadi korban Haiyan.

Survei juga menunjukkan kalau para korban menempatkan angka 73 persen kepuasan lantaran kerja pemerintah dalam penanggulangan pascabencana sampai sekarang. Sementara itu, korban yang merasa tak puas dengan kerja pemerintah cuma mengumpulkan angka 19 persen.

Catatan menunjukkan bahwa saat topan Haiyan melanda pada November 2013, Presiden Aquino dan kabinetnya juga sempat mendapat kritik pedas. Kritikan disampaikan karena pengiriman bantuan logistik ke lokasi-lokasi bencana terbilang lambat.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com