Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasa Tak Berhasil, Menteri Energi Filipina Mundur

Kompas.com - 25/12/2013, 17:57 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Menteri Energi Filipina mengundurkan diri setelah menyatakan tidak mampu memenuhi janjinya memperbaiki pasokan listrik di wilayah yang terkena bencana badai Haiyan. Dia sebelumnya berjanji akan membereskan masalah kelistrikan sebelum Natal.

Menurut juru bicara kepresidenan, Menteri Energi Filipina, Jericho Petilla menyatakan akan segera mengajukan pengunduran dirinya kepada Presiden Beniqno Aquino.

"Dia berencana mengundurkan diri, mungkin besok. Apakah Presiden akan mengizinkan ataukah tidak, mari kita tunggu saja," ujar juru bicara kepresidenan, Lacierda.

Pada janji yang diucapkan sebelumnya, Petilla menyatakan bakal menyambungkan seluruh jaringan listrik sebelum Natal. Akan tetapi, upaya tersebut gagal. Lacierda menyebutkan menteri energi sebenarnya telah melakukan pekerjaan yang luar biasa, dengan melihat skala kerusakan yang cukup besar.

Topan Haiyan, salah satu badai terkuat yang pernah melanda FIlipina, telah meratakan sejumlah wilayah di negara tersebut dan menyebabkan 6.100 orang tewas dan sekitar 2.000 orang hilang pada 8 November lalu.

Meskipun aliran listrik telah normal di sebagian besar wilayah yang terkena bencana, namun ada beberapa wilayah yang belum normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com