Kompas.com - 06/01/2014, 16:03 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIJING, KOMPAS.com — Mantan bintang basket NBA, Dennis Rodman, Senin (6/1/2014), meninggalkan Beijing menuju Korea Utara bersama tim "pensiunan" pebasket untuk meramaikan pesta ulang tahun pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Ini adalah perjalanan keempat Rodman ke Korea Utara. Di Pyongyang, Rodman dan rekan-rekannya sesama mantan bintang NBA dijadwalkan menggelar pertandingan persahabatan tepat pada hari ulang tahun Kim Jong Un yang diyakini jatuh pada Rabu (8/1/2014).

Kepada wartawan di bandara Beijing, Rodman mengatakan, dia tidak akan menyinggung masalah politik dan mencampuri urusan dalam negeri Korea Utara.

"Banyak yang mengatakan Korea Utara seperti negeri komunis lainnya melarang orang luar berkunjung ke negeri itu," kata Rodman.

"Satu-satunya hal yang saya ketahui, bagi saya, dia (Kim Jong Un) adalah orang baik," ujar Rodman.

"Apa pun yang dilakukannya terkait kebijakan politik bukan urusan saya. Saya hanya seorang atlet, pribadi yang ingin pergi ke sana dan memberi sesuatu untuk dunia. Itu saja," Rodman menegaskan.

Wartawan sempat menanyakan pendapat mantan bintang Chicago Bulls itu terkait sejumlah kalangan yang mengkritik kunjungannya ke negeri tertutup itu.

"Apakah mereka akan menembak saya? Apakah mereka akan menembak saya? Ayolah," kata Rodman ringan.

Kunjungan terakhir Rodman ini tak berselisih jauh dengan eksekusi Jang Song Taek, paman Kim Jong Un, pada Desember lalu.

Dalam kunjungan sebelumnya, Rodman mendapat kesempatan makan malam bersama Kim Jong Un. Namun, dalam kunjungan ketiganya ke Korea Utara, Rodman tidak bertemu Kim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.