Kompas.com - 03/01/2014, 11:17 WIB
EditorEgidius Patnistik
Jumlah orang dewasa yang kelebihan berat badan dan mengidap obesitas di dunia ketiga meningkat empat kali lipat sejak 1980-an menjadi satu miliar, kata laporan sebuah lembaga riset di Inggris.

Institut Pembangunan Luar Negeri itu mengatakan satu dari tiga orang di dunia kini kelebihan berat badan dan mendorong pemerintah di negara-negara berkembang untuk bertindak agar rakyatnya menjalani pola makan sehat.

Laporan itu juga memprediksi meningkatnya jumlah serangan jantung, stroke dan diabetes.

Salah seorang penulis laporan itu, Steve Wiggins, mengatakan ada banyak penyebab mengapa obesitas bertambah banyak.

Kini orang di negara berkembang lebih banyak mengonsumsi daging, gula dan lemak. "Orang dengan penghasilan yang lebih tinggi dapat memilih makanan yang mereka inginkan. Perubahan di gaya hidup, meningkatnya ketersediaan makanan olahan, periklanan, pengaruh media, semuanya memicu perubahan pola makan," kata Steve.

Penelitian institut itu menemukan 904 juta orang di negara berkembang kini memiliki berat badan berlebih. Sedangkan di negara maju, jumlahnya adalah 557 juta orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.