Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Tujuh Anak, Perempuan Pertama Jadi Menteri Pertahanan Jerman

Kompas.com - 16/12/2013, 01:30 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
BERLIN, KOMPAS.com — Jerman akan memiliki seorang perempuan di kursi menteri pertahanan. Sejarah baru Jerman tersebut akan terwujud dalam kabinet ketiga Kanselir Angela Merkel.

Merkel, Minggu (15/12/2013), memastikan Ursula von der Leyen akan menjadi Menteri Pertahanan Jerman. Saat ini Leyen adalah Menteri Tenaga Kerja Jerman.

Leyen (55) akan berhadapan dengan tantangan modernisasi militer Jerman. Ibu tujuh anak ini pun harus memastikan pergerakan pasukan Jerman yang bertugas di Afganistan.

Selain memastikan posisi baru untuk Leyen, Merkel mengatakan, Menteri Keuangan Jerman akan tetap dipegang Wolfgang Schaeuble. Dia adalah tandem Merkel dalam menghadapi krisis utang yang membelit zona euro.

Kubu Uni-Konservatif pengusung Merkel mendapatkan jatah 10 dari 16 kursi dalam kabinet baru Merkel. Mereka diharapkan telah berkantor pada Selasa (17/12/2013).

Kubu kiri-tengah dari Partai Sosial Demokrat, Minggu, juga memunculkan para menteri yang mereka usung untuk mengisi kabinet. Dari kubu ini, mantan Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier akan kembali menempati posisi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com